Pendaftaran untuk sekolah kedinasan di tahun 2025 diperkirakan akan dibuka pada separuh akhir tahun nanti. Sampai saat ini, belum ada rincian pasti tentang kalender resminya yang dirilis untuk tahun tersebut. Berdasarkan proses rekruitmen dari tahun-tahun sebelumnya, misalnya seperti hal nya Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan pada tahun 2024 lalu dimana pembukaannya berlangsung antara Bulan Mei dan Juni.
Sekolah Kedinasan adalah institusi pendidikan tinggi yang dijalankan oleh departemen atau badan pemerintah. Sekolah Kedinasan Didesain untuk menghasilkan calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang professional dan terampil, yang nantinya akan ditugaskan ke beragam bidang pemerintah.
Umumnya, alumni dari sekolah itu memiliki ikatan dinas , oleh institusi perguruan tinggi penyelenggara. Ini menjadikan para alumni dari Sekolah Kedinasan secara langsung berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di kementerian atau lembaga terkait.
Apa Ketentuan Minimun Nilai Raport untuk Pendaftaran ke Akademi Pemerintah Tahun 2025?
Untuk para siswa berminat meneruskan pendidikan di sekolah kedinasan, ada sejumlah poin utama yang harus diperhatikan, termasuk persyaratan nilai rata-rata raport terendam. Nilai batasan ini bisa jadi dasar bagi calon dalam memilah dan memilih sekolah kedinasan mana yang akan dituju.Berdasarkan informasi dari data tahun 2024, ketentuan dasar adalah nilai rapor Untuk mengajukan diri ke Sekolah Kedinasan, dibutuhkan nilai rata-rata sekurang-kurangnya 70,00. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa tiap Sekolah Kedinasan menentukan batas bawah nilai rapor yang unik dan beragam.
Persyaratan nilai minimum untuk raporan di Akademi Pemerintah pada tahun 2025 kemungkinan besar akan dirubah dibandingkan dengan sebelumnya. Calon pelamar disarankan untuk selalu mengecek detail paling baru ini lewat situs web resmi setiap Akademi Pemerintah yang bersangkutan.
Berikut adalah batas bawah nilai rapor dari tahun sebelumnya yang bisa dijadikan pedoman saat pendaftaran pada tahun 2025:
1. STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
Nilai untuk Mata Pelajaran Matematika (Grup A/Kelompok Umum) serta Bahasa Inggris harus mencapai paling tidak 80.0 pada Ijazah atau Laporan Hasil Ulangan Semester Ganjil dari Kelas 12.
2. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara PKN STAN
- Graduand tahun 2023/2024: IPK pada sertifikat kelulusan harus setidaknya mencapai angka 70.00
- Graduasi pada tahun 2025: Nilai rata-rata di Sertifikat Kelulusan (SKL) harus setidaknya mencapai 70.00.

3. Akademi Pemerintah Dalam Negeri (APDIN)
- Rata-rata nilai ijazah, rapor, serta ujian sekolah paling tidak harus mencapai 70.00.
- Rata-rata nilai ijazah, rapor, serta hasil ujian sekolah dari Provinsi Papua dan seputarnya harus setidaknya mencapai angka 65.
- Lulusan dari SMA/SMK/MA di tahun 2023/2024 dengan nilai rata-rata pada ijasah setidaknya 80.00.
- Graduan SMA/SMK/MA tahun 2025 dengan nilai rata-rata raport dari semester 1 sampai 5 setidaknya sebesar 75.00.
- Gelar kelulusan untuk lulusan tahun 2023/2024 harus memiliki IPK minimum sebesar 70.00.
- Graduasi pada tahun 2025 dengan nilai rata-rata raport dari semester 1 hingga 5 sebanyak minimum 70.00.
- Mempunyai kelulusan dari SMA/SMK/MA atau setingkat tersebut.
- Graduan tahun 2025 tetapi sijil belum keluar, perlu menggunakanSKL atau Surat Pengesahan Masih Berada di Kelas XII.
- Mempunyai ratarata nilai untuk Mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris (Teori/Knowledge) pada semester ke-IV dan V harus mencapai minimal 80.00.
- Harus menyampaikan sertifikat hasil SNBT – UTBK.
Persyaratan dan Proses Pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan Tahun 2025
Berdasarkan ketentuan pendaftaran dari tahun sebelumnya, para calon hanya diperbolehkan untuk mendaftar ke satu buah sekolah serta satu program studi tertentu saja di Sekolah Kedinasan yang diminati melalui proses seleksi masuk Sekolah Kedinasan tersebut.Peserta perlu mengunggah beberapa dokumen penting , ketika proses pendaftaran. Tambahan pula, seluruh berkas yang dikirim, harus disesuaikan kembali sesuai dengan persyaratan setiap Akademi Militer terkait.
Berikut ini merupakan syarat-syarat dokumen yang bisa dijadikan acuan untuk mendaftar ke Sekolah Kedinasan pada tahun 2025:
- Foto potret dengan background warna merah
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Transkrip nilai
- Nilai rapor
- Bukti pembayaran
- Surat lamaran
- Surat keterangan
Berdasarkan proses pendaftaran dari tahun sebelumnya, pendaftaran ke Sekolah Kedinasan kini dilaksanakan secara daring. Berikut adalah langkah-langkah registrasi tersebut yang bisa dijadikan panduan bagi calon peserta Sekolah Kedinasan 2025:
- Buka laman SSCASN BKN
- Setelah itu, buatlah akun SSCASN untuk institusi pendidikan dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah terverifikasi Dukcapil kemudian cetak Kartu Informasi Akun tersebut.
- Selanjutnya masuk lagi ke akun SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan kata sandi yang sudah di daftar sebelumnya.
- Selanjutnya, posting selfie, pilih sekolah impianmu, isi formulir akademik dan informasi personal, kemudian lampirkan berkas-berkas penting tersebut.
- Setelah itu, tinjau kembali resume-nya dan cetak formulir pendaftarannya.
- Apabila sudah diterima lulus pada tahap pengecekan administrasi, masuklah menggunakan akun SSCASN Sekolah Kedinasan. Peserta yang berhasil melewatinya dengan sendirinya akan menerima rincian pembayaran serta dapat memeriksa detail terkait bayarannya di sekolah kedinasan tertentu mereka.
- Setelah pembayaran terkonfirmasi oleh sistem di SSCASN Sekolah Kedinasan, cetak Kartu Ujian